Anjuran Celana Cingkrang Dalam Islam

Hilmi mengatakan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI celana cingkrang memiliki arti terlalu pendek tapi masyarakat dan Menteri Agama sudah salah kaprah menilai celana cingkrang tersebut. Pertama sunnah yang pengertiannya adalah apa-apa yang dilakukan Rasulullah Saw.

Hukum Celana Cingkrang Hikmah Buya Yahya Youtube

Dalam ajaran agama Islam celana cingkrang atau sirwal ini tidak dilarang.

Anjuran celana cingkrang dalam islam. Sebab tidak ditemukan dalil hadis bahwa Rasulullah pernah memakai celana apalagi penjelasan celana beliau di atas mata kaki. Kita seringkali melihat orang yang memakai celana diatas mata kaki atau lebih dikenal dengan nama celana cingkrang. Asal mula penggunaan celana cingkrang seperti yang dipakai oleh sebagian komunitas muslim adalah untuk menghindari larangan Nabi Muhammad SAW.

Jika hal itu dilakukan karena keangkuhan maka hukumnya adalah haram. Ikhwan Salafi yang menghukumi Sunah memakai celana cingkrang adalah dari hasil Qiyas pada hadis larangan Isbal memanjangkan pakaian di bawah mata kaki maupun keumuman hadis larangan isbal pada pakaian. Asal mula penggunaan celana cingkrang seperti yang dipakai oleh sebagian komunitas muslim adalah untuk menghindari larangan Nabi Muhammad SAW.

Kadang baju dan tampilan membikin sial salah satunya yang dialami sorang jamaah Tabligh di Sulawesi. Sebagai informasi yang sangat pentin untuk diketahui jika celana diatas mata kaki atau celana cingkrang merupakan sunnah dan ajaran yang diberikan Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Yang kedua adalah sunah yang pengertiannya terkait hukum Fiqh.

Karena itu kelompok ini cukup ketat dalam menerapkan aturan beragama dan sering kali berhadapan dengan kelompok Islam yang cukup toleran dengan tradisi dan budaya lokal yang membolehkan praktik tradisi tersebut asalkan tidak bertentangan dengan Qurān dan Hadits. Imam Ibnu Quddamah al-Hanbali dalam kitabnya al-Mughni mengatakan memanjangkan busana berupa jubah atau celana hingga mata kaki hukumnya makruh. Bahkan ada sebagian orang yang mengatakan jika celana cingkrang adalah celana kebanjiran atau celana kekecilan.

Sebagai sesuatu yang dianjurkan untuk dilakukan. Memakai celana cingkrang dan dua ciri khas yang disebut di atas menurut kepercayaan Salafi adalah anjuran Salafus Shalih dan wajib ditegakkan. Perintah menggunakan jilbab terdapat dalam al-Quran surat al-Ahzab.

Ikhwan Salafi yang menghukumi sunnah memakai celana cingkrang adalah dari hasil Qiyas analogi pada hadis larangan Isbal memanjangkan pakaian di bawah mata kaki maupun keumuman hadis larangan isbal pada pakaian. Kedua di samping lemah dalil memelihara jenggot memakai celana cingkrang dan memakai cadar tidak ada signifikansi dan pengaruhnya dalam realitas hidup kekinian. Padahal dia ini seorang jamaah tabligh yang dikenal dengan nama Khoruj jamaah kurud dalam bahasa Jawa.

Pembatasan isbal yang dilarang dengan unsur kesombongan ini juga disampaikan oleh Ibnu Taimiyyah dalam kitab Syarh Umdat al-Fiqh. Thamrin menyebut di dalam Islam ada anjuran dalam berpakaian. Jadi bila celana cingkrang itu dimaknai sebagai celana panjang yang ujungnya menggantung di atas mata kaki maka itu tidak dapat dibenarkan bila melihat definisi dari KBBI tuturnya kepada Bisnis Sabtu 211.

Justru Isbal atau menjulurkan pakaian melebihi mata kaki merupakan hal terlarang di dalam Islam dan hukumnya setidaknya makruh atau bahkan diharamkan. Intinya kesombongan bukan wajah umat Islam. Ia menjelaskan pendapat mayoritas ulama mengapa umat Islam pakai celana cingkrang karena cerita Nabi Muhammad tadi.

Pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang celana cingkrang menurut pandangan Islam secara lengkap untuk anda. Karenanya tak jarang orang-orang berbondong untuk mengenakannya dengan tujuan agar menjadi lebih dekat dengan kekasih Allah itu. Jika hal itu dilakukan karena keangkuhan maka hukumnya adalah haram.

Apakah cadar dan celana panjang di atas mata kaki cingkrang adalah simbol radikalisme atau simbol anti-merah putih NKRI. يا أيها النبي قل لأزواجك وبناتك ونساء المؤمنين يدنين عليهن من جلابيبهن ذلك أدنى أن. Bahkan terhitung lemah dalilnya bagi yang mewajibkannya.

Ketiga sebagian yang dianggap identitas Islami itu pada kenyataannya juga digunakan oleh tokoh-tokoh non-muslim yang me-musuhi Islam. Imam Ibnu Quddamah al-Hanbali dalam kitabnya al-Mughni mengatakan memanjangkan busana berupa jubah atau celana hingga mata kaki hukumnya makruh. Celana cingkrang berdasarkan informasi yang saya dapat merupakan bagian dari kebudayaan yang lekat kaitannya dengan Rasulullah Muhammad SAW.

Pertanyaan ini disebabkan ada sebagian pihak yang menjadikan keduanya sebagai simbol radikalisme dan anti-merah putih bahkan sampai dibuat film tentang itu. Sebelum membahas lebih jauh mengenai celana cingkrang agar tidak keliru pemahamannya terlebih dahulu kita harus membedakan antara dua jenis sunah. Pembatasan isbal yang dilarang dengan unsur kesombongan ini juga disampaikan oleh Ibnu Taimiyyah dalam kitab Syarh Umdat al-Fiqh.

Menurutnya tak seharusnya seorang Menteri Agama mengurusi pakaian pribadi seseorang. Karena dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW bersabda. Ini lebih dikhususkan bagi anak laki laki sementara untuk wanita diberikan perintah untuk menutup seluruh bagian telapak kaki.

Sebab tidak ditemukan dalil hadis bahwa Rasulullah pernah memakai celana apalagi penjelasan celana beliau di atas mata kaki. Jilbab cadar dan celana cingkrang syariat Islam. Ngapain itu pakaian orang kok diatur-atur itu ucapnya.

Dengan demikian memelihara jenggot memakai celana cingkrang dan memakai cadar tidak bisa dikategorikan sebagai identitas Islami. Saya mengapresiasi hal itu. Jadi Menteri Agama kalau dia mau bikin aturan yang melarang orang pakai cadar dan celana cingkrang itu konyol.

Bukan hanya celana atau jubah walaupun celananya cingkrang kalau sombong enggak negur dan sapa orang itu sombong. Pertama karena dari segi dalil hal tersebut masih terjadi perdebatan ulama dari dulu sampai sekarang khilafiyah. Pria asal Hindustan ini ditagkap gara-gara penampilannya dengan jubah celana cingkrang berjenggot dan memakai surban ya kira-kira pekaiannya miriplah dengan Amrozi cshehe bukan CS 1 ya.

Karena dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW bersabda.

Mui Jelaskan Celana Cingkrang Dalam Islam Tak Identik Radikal Kumparan Com

Apakah Sah Shalat Dalam Keadaan Isbal

Syubhat Seputar Larangan Isbal