Aturan Asn Tidak Boleh Pakai Celana Cingkrang

Namun Menag berpendirian teguh bahwa bagi ASN ada aturan yang harus ditaati yakni adanya seragam. Kepada VOA MM seorang ASN yang meminta namanya disamarkan mengatakan semestinya boleh-boleh saja memakainya.

Kata Fachul Razi Soal Pns Pakai Celana Cingkrang Secara Agama Boleh Tapi Dilarang Oleh Permendagri Tribunnews Com Mobile

Menag menegaskan celana cingkrang tidak bisa dipakai oleh ASN saat sedang bertugas.

Aturan asn tidak boleh pakai celana cingkrang. Menurut Fachrul pihaknya tidak pernah melarang penggunaan cadar. Sebelumnya video larangan penggunaan cadar dan celana cingkrang di lingkungan kerja ASN mendadak viral. Wacana Menag Fachrul Razi soal larangan memakai cadar dan celana.

Tidak menggunakan di tempat yang tidak diperbolehkan kata dia. Menag Gulirkan Wacana Larang Pakai Cadar Komnas HAM. Tidak pernah kami mengataan dilarang pakai cadar.

Namun menurut Fachrul ada aturan tentang cara berpakaian ASN di setiap instansi sehingga ASN akan diberi peringatan jika tak sesuai dengan aturan. Namun menurut Fachrul ada aturan tentang cara berpakaian ASN di setiap instansi sehingga ASN akan diberi peringatan jika tak sesuai dengan aturan. Pembicara lain akademisi Ali Sodikin menegaskan bahwa seseorang yang menggunakan cadar dan celana cingkrang tidak boleh dijustifikasi sebagai orang yang terpapar radikalisme.

Disebutkan tidak ada hubungan radikalisme dangan cadar maupun celana cingkrang. Ada perbedaan pendapat di kalangan ASN sendiri mengenai pelarangan memakai cadar dan celana cingkrang di kantor pemerintah. Dia mempersilakan ASN menggunakan celana cingkrang jika sedang di rumah atau di luar urusan kedinasan.

Terkait hal ini Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan penggunaan cadar tidak ada kaitannya dengan kualitas keimanan seseorang karena hanya budaya Arab. Artinya setiap ASN tahu ada aturan berpakaian yang harus ditaati selama menjadi aparatur negara. Terkait usulan itu Fachrul mengatakan bahwa setiap institusi telah memiliki aturan masing-masing.

Setelah mendapat kritikan dari anggota Komisi VIII Menag Fachrul Razi mendapat kesempatan menjawab wacana larangan cadar dan celana cingkrang bagi ASN. Menteri Agama Fachrul Razi berkukuh melanjutkan beberapa kebijakan yang sempat dianggap kontroversial seperti larangan ASN memakai cadar atau celana cingkrang hingga penceramah bersertifikat. Secara jumlah yang memakai cadar atau bercelana cingkrang populasinya juga tidak begitu besar.

Sebelumnya Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan ASN yang mengenakan celana cingkrang tidak sesuai aturan. Bagaimana kalau orang mau pakai cadar. Untuk ASN yang mengenakan celana cingkrang diakui oleh menteri agama tidak sesuai dengan aturan Pemerintah Republik Indonesia.

Larangan cadar dan celana cingkrang bagi ASN Aparatur Sipil Negara yang disuarakan oleh Menteri Agama Fachrul Razi menimbulkan polemik. Ketentuan seragam ASN Polri dan TNI kata Zainut sudah ada dan tetap mengindahkan nilai estetika etika dan tak bertentangan dengan ajaran agama. Pakaian dinas ASN diatur oleh setiap kementerianlembaga.

Fachrul Razi menyinggung model pakaian tersebut di pekan pertama menjabat sebagai menteri agama. Pakai celana cingkrang biasa saja ujar Fachrul di ruang sidang Komisi VIII DPR Kamis 7 November 2019. Dia berprinsip pilihan pakaian adalah hak asasi bagi ASN bersangkutan.

Jakarta IDN Times -Menteri Agama Jenderal TNI Purn Fachrul Azazi Razi sontak menjadi pembahasan publik karena ungkapannya terkait penggunaan celana cingkrang dan cadar atau niqab di lingkungan kerja Aparatur Sipil Negara ASN. Apalagi bagi para Pegawai Negeri Sipil yang cara berpakaiannya telah diatur Kalau TNI enggak boleh ASN pasti iya dong. Masalah celana cingkrang-cingkrang itu tidak dilarang dari aspek agama.

Sebelumnya Menag Fachrul Razi mengatakan pemakaian celana cingkrang memang tak dilarang agama. Muklas mengatakan hal itu untuk menghindari salah tafsir bahwa Fachrul melarang masyarakat umum mengenakan. Hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 6.

Rencana ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam melawan radikalisme di Indonesia. Kasat mata hal itu dapat dilihat di kantor-kantor pemerintah berapa banyak staf berbusana seperti itu dibandingkan dengan jumlah keseluruhan. Kalau enggak ya jangan jadi ASN dong ujar Muklas di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta pada Kamis 7112019.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan sejauh ini belum. Kalau mau pakai di rumah saja kalau di kantor ikuti aturan tukas dia. Sehingga ketentuan itu harus ditaati oleh semua ASN.

Ada yang melihat itu melanggar kebebasan namun ada juga yang melihat bahwa setiap ASN harus mematuhi peraturan institusi. Karena memang agama pun tidak melarang. Sebelumnya Fachrul mengatakan pemakaian celana cingkrang memang tak dilarang agama.

Tidak ada wewenang Menag melarang cadar dan celana cingkrang. Kalau ke kantor enggak boleh pakai cadar dan celana cingkrang selesai. Meski tak bisa dipersoalkan dari segi agama Fachrul menyebut celana cingkrang melanggar aturan berpakaian ASN.

Celana cingkrang tidak bisa dilarang dari aspek agama tapi dengan aturan pegawai bisa katanya. Meski demikian kata dia penggunaan celana cingkrang hendaknya memperhatikan lokasi. Jika nantinya ASN tak dibolehkan memakai celana cingkrang dan cadar di lingkungan kantor-kantor pemerintah Dedi mengatakan belum bisa bersikap apakah akan keluar dari instutisi pemerintahan.

Kuasa Negara Dalam Cadar Dan Celana Cingkrang Pns

Apakah Kemenag Berwenang Melarang Pns Menggunakan Celana Cingkrang

Asn Kementerian Pan Rb Dilarang Bercadar Celana Cingkrang Boleh Kabar24 Bisnis Com