Hadits Shahih Celana Cingkrang

PWMUCO Isbal alias pakaian cingkrang masih menjadi perdebatan di kalangan umat Islam. Mereka beranggapan bahwa memakai celana tersebut merupalan sunnah Nabi.

Follow Nasihatsahabatcom Http Nasihatsahabat Com Nasihatsahabat Mutiarasunnah Motivasiislami Petuahulama Hadist Hadits Nasihat Motivasi Islam Kutipan

Itulah sebabnya ulama menyatakan bahwa keharaman itu berlaku umum kepada semua jenis pakaian.

Hadits shahih celana cingkrang. Banyak orang yang menggunakan untuk aktifitas ibadah. Para pendukung kelompok faham celana cingkrang ini sangat sistematis dalam memback up ajaran yang berasal dari hadis Rasulullah. Pasalnya Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi melontarkan wacana pelarangan niqab atau cadar dan celana di atas mata kaki alias cingkrang untuk dipakai siapa pun dalam lingkungan instansi pemerintah.

Ikhwan Salafi yang menghukumi sunnah memakai celana cingkrang adalah dari hasil Qiyas analogi pada hadis larangan Isbal memanjangkan pakaian di bawah mata kaki maupun keumuman hadis larangan isbal pada pakaian. Itulah sebabnya ulama menyatakan bahwa keharaman itu berlaku umum kepada semua jenis pakaian. Kenapa kelompok kafir Syiah Rafidhah ini sangat benci dengan orang yang Celana Cingkrang.

Dalam hadits tersebut nampak terlihat bahwa terjulurnya kain pakaian Abu Bakr hingga melewati mata kaki BUKANLAH ATAS KESENGAJAAN BELIAU. عن ابن عباس رضي الله عنهما قالسمعت النبي صلى الله عليه وسلم يخطب بعرفات من لم يجد النعلين فليلبس الخفين ومن لم يجد إزارا فليلبس سراويل للمحرم. Sementara hadits-hadits tentang larangan berisbal-ria telah mencapai derajat mutawatir maknawi lebih dari dua puluh sahabat meriwayatkannya lihat risalah Syaikh Bakr Abu Zaid.

Isbal memanjangkan pakaian hingga di bawah kedua mata kaki bagi lelaki termasuk perbuatan dosa yang diremehkan oleh sebagian umat. Lantas benarkah bahwa celana cingkarang itu sunnah Nabi. Hal ini juga berkaitan dengan hadits tentang larangan isbal yaitu memanjangkan kain dibawah mata kaki.

Hadits berikut juga yang mungkin dijadikan rujukan penyuka celana cingkrang. Bahkan dalam hadits Abu Said Al Khudri dibedakan hukum di antara dua kasus ini. Isbal Begini Hukum Celana Cingkrang Menurut Ahli Hadits.

Hal itu diutarakan di hadapan Majelis Masyarakat Maiyah beberapa waktu lalu. Ia mengatakan bahwa kain atau pakaian yang berumbai-rumbai sampai menyentuh tanah sebagai lambang budaya orang-orang kaya. 2Memakai Celana Cingkrang Asal mula penggunaan celana cingkrang seperti yang dipakai oleh sebagian komunitas muslim adalah untuk menghindari larangan Nabi Muhammad SAW.

Dari sisi lain mengartikan hadits ini hanya dengan celana cingkrang adalah tidak tepat karena nabi menyebut hadits itu dengan kata pakaian tsaub sementara pakaian tidak hanya celana tetapi juga baju surban kerudung dan lainnya. Oleh karena itu marilah membenahi diri dengan berpakaian seperti orang beriman layaknya perintah Rasulullah SAW dan celana cingkrang bukan kekurangan namun menjadi simbol keimanan dan bukan berarti bidah namun ibadah. Perlu diketahui celana cingkrang adalah model celana bagian bawahnya diatas mata kaki atau lebih dikenal dengan celana sirwal.

Tidak jarang di antara sesama mereka saling mengkafirkan. Sejarah mencatat celana jenis ini telah ada sejak ribuan tahun lalu yang dikenakan pertama kali orang-orang Timur Tengah untuk ibadah. Dari uraian di atas yang bersumber dari hadits-hadits shahih dan pendapat ulama besar madzhab Syafii Imam al-Nawawi rahimahullah menunjukkan bahwa tidak memanjangkan kain baik sarung celana gamis dan lainnya di bawah mata kaki sering disebut dengan cingkrang adalah sunnah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.

Karena di dalam lafadz hadits itu disebutkan. Ini memunculkan beberapa fenomana baru tentang tatacara berbusana terutama bagi kaum Adam seperti gambaran celana jubah atau apapun di atas mata kaki alias celana cingkrang. Mughirah bin Syubah RA pun bertutur.

Karena dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW bersabda. Akhir-akhir ini cadar dan celana cingkrang marak diperbincangkan. Jika dilakukan tidak dengan sombong maka kembali ke hadits mutlak yang menunjukkan adanya ancaman neraka.

Jika kita melihat dari hadits-hadits yang ada menunjukkan bahwa hukum masing-masing kasus berbeda. Muhammad Ainun Najib atau yang akrab disapa Cak Nun pernah menyampaikan pernyataan dan keterangan mengenai celana cingkrang. Jika hal ini dilakukan dengan sombong hukumannya sendiri.

Aku melihat Rasulullah SAW mendatangi kamar Sufyan bin Abi Sahl lalu beliau berkata Wahai Sufyan janganlah engkau melakukan isbal menjulurkan pakaian melebihi matakaki. Karena dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW bersabda. Hadits-hadits Rasulullah tentang larangan Isbal kebanyakan diriwayatkan oleh al-Imam al-Bukhari dan Imam Muslim sedangkan Syiah Rafidhah sangat membenci dengan Imam all-Bukhari dan Imam Muslim dan tidak menerima Riwayat-riwayat kedua Imam itu kecuali yang sesuai dengan hawa nafsu mereka.

Dari sisi lain mengartikan hadits ini hanya dengan celana cingkrang adalah tidak tepat karena nabi menyebut hadits itu dengan kata pakaian tsaub sementara pakaian tidak hanya celana tetapi juga baju surban kerudung dan lainnya. Celana cingkrang hadits hukum berpakaian hukum islam pakaian syari. Dalam satu kesempatan Beliau SAW bersabda.

Tiga jenis salafi ini punya kekhasan dalam urusan cadar jenggot dan celana cingkrang. Celana Jeans untuk Pria ilustrasI REPUBLIKACOID Menjauhi isbal berbusana melebihi mata kaki bagi sebagian kalangan dipahami sebagai perintah yang wajib dilakukan. Asal mula penggunaan celana cingkrang seperti yang dipakai oleh sebagian komunitas muslim adalah untuk menghindari larangan Nabi Muhammad SAW.

Celana Cingkrang dan Cadar Bukan Ciri-ciri Radikal. Setiap Muslim hendaknya mengikuti sunnah-sunnahnya agar mendapat kecintaan Allah Taala sebagaimana firman-Nya. يسترخي yang menunjukkan bahwa hal itu bukan atas kesengajaan.

Celana cingkrangkenapa tidak.

Pin Oleh Rina Kuswidiati Di Islam Hadits Quotes Muslim Marah Bijak Badai

Pin Di Poster Dakwah Amp

Follow Nasihatsahabatcom Http Nasihatsahabat Com Nasihatsahabat Mutiarasunnah Motivasiislami Petuahulama Hadist Hadits Nasihat Motivasi Islam Kutipan