Laangan Menggunakan Celana Cingkrang

Termasuk yang memakai celana cingkrang kata Abbas. Menteri Agama Fachrul Razi berkukuh melarang pemakaian cadar dan celana cingkrang bagi Aparatur Sipil Negara ASN meski dihujani kritik oleh mayoritas anggota Komisi VIII DPR yang membidangi.

Larangan Penggunaan Cadar Dan Celana Cingkrang Ini Pendapat Guntur Romli Okezone Muslim

Larangan memakai pakaian suhroh pakaian yang beda daripada umumnya termasuk larangan memakai celana cingkrang di masjid yang mayoritas memakai sarung atau memakai celana yang tidak cingkrang.

Laangan menggunakan celana cingkrang. Ramai di media masa menteri agama Fachrul Razi melancarkan wacana kontroversial tentang pelarangan memakai cadar dan celana cingkrang bagi ASN dan PNS di lingkungan instansi pemerintahan. Itu bukan ukuran ketaqwaan ya. Kemenag disebutnya memiliki hak untuk mengeluarkan larangan itu.

Jika dilihat dalam KBBI secara bahasa ccelana cingkrang memiliki arti celana yang terlalu pendek. Kementerian Agama Kemenag tidak berwenang merumuskan kebijakan yang berlaku umum bagi Pegawai Negeri Sipil PNS di seluruh instansi pemerintahan termasuk melarang penggunaan celana cingkrang. Fachrul menyebut lebih baik PNS bercelana cingkrang keluar dari instansi pemerintahan jika tak mengikuti aturan.

Menag Fachrul Razi sadar agama memang tidak melarang celana cingkrang tapi aturan yang berlaku di kantor-kantor pemerintah menurutnya berbeda. Maka itu lanjut Cak Nun Nabi Muhammad memberi pernyataan bahwa jangan memanjangkan kain untuk kesombongan. Mantan Wakil Panglima TNI itu menyebut penggunaan celana cingkrang tak sesuai aturan berseragam di lingkungan instansi pemerintah.

Artinya silakan mengenakan celana cingkrang untuk menjauhkan diri dari kesombongan. Pemakaian cadar bisa jadi merupakan bagian dari kenyamanan seseorang. Pengguna cadar dan celana cingkrang bisa mendapatkan kecurigaan kekhawatiran dan ketakutan karena dianggap radikal.

Namun berselang sehari Fachrul Razi membantah melarang penggunaan cadar di instansi pemerintah. Live streaming 24 jam. Poin pentingnya ada dua.

Menurut saya karena celana model seperti itu mengikuti sunah Rasulullah dalam berpakaian mengapa tidak disebut saja sebagai celana suro celana sunnah rosul sarannya. Kemenag beranggapan ide ini adalah positif dengan dalih keamanan. Pernyataan Thamrin tersebut merespon wacana larangan penggunaan cadar di instansi pemerintah.

Selain itu Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan peraturan perundang-undangan terkait juga tidak memuat larangan penggunaan celana cingkrang. Celana cingkrang hanya sebuah gaya berpakaian yang dipakai oleh seseorang. Kendati masih dalam bentuk wacana dan masih dalam proses pengkajian ide kemenag tersebut menuai ragam reaksi dari bebagai kalangan.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia MUI Anwar Abbas mengatakan terkait dengan celana cingkrang sebaiknya diklarifikasi terlebih dahulu. Dia menyarankan agar Pemerintah menggunakan bahasa celana suro sunnah rosul untuk celana yang menggantung di atas mata kaki. UU ASN tidak mengatur mengenai larangan bagi PNS untuk menggunakan pakaian tertentu.

Larangan Pegawai Pemerintahan Pakai Cadar dan Celana Cingkrang MUI hingga Politisi Angkat Bicara Wacana pelarangan penggunaan cadar dan celana cingkrang di instansi pemerintahan tengah ramai. Bukan lagi celana cingkrang karena maknanya sangat jauh berbeda. Jadi jangan sampai pemerintah.

Menurut Zainut Tauhid kebijakan larangan menggunakan cadar maupun celana cingkrang wajar dilakukan pihaknya. Denny Siregar menulis catatan dan membagikannya di Twitter tentang bahaya kelompok. Sama halnya dengan celana-celana yang lain.

Selain itu ia menyebut bahwa penggunaan cadar ataupun celana cingkrang bukanlah ukuran ketakwaan. Wacana tersebut kali pertama dilontarkan Menteri Agama Fachrul Razi. Soal celana cingkrang yaitu celana yang menggantung di atas mata kaki masih menjadi perdebatan di masyarakat.

Ketentuan tentang Celana Cingkrang. Nah sekarang ada mau dibatasi di instansi pemerintah tapi menurut Pasal 29 UUD 1945 negara harus melindungi. Belum ditemukan riwayat yang menyebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah memakai celana panjang apalagi celana cingkrang.

Namun titik fokus atau penekanannya ada pada kesombongan. Menurutnya tak seharusnya seorang Menteri Agama mengurusi pakaian pribadi seseorang. Itu bukan ukuran ketaqwaan ya.

Beberapa waktu lalu kasak-kusuk celana cingkrang akhirnya mencuat menjadi pembicaraan di sosial media. Kala itu dia menyinggung soal PNS yang menggunakan celana di atas mata kaki atau biasa disebut cingkrang. Jika yang dimaksud adalah celana panjang yang menjulur sampai di atas mata kaki maka istilah celana cingkrang kurang tepat.

Di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil PP 532010 pun hanya terdapat larangan bagi PNS untuk memberikan dukungan kepada calon PresidenWakil Presiden Dewan Perwakilan Rakyat. Thamrin menilai wacana larangan cadar ataupun celana cingkrang adalah kebijakan yang konyol. Wacana adanya larangan pemakaian cadar dan celana cingkrang dikhawatirkan akan menimbulkan opini kurang baik dari publik.

Bawor Dadi Ratu lakon wayang kulit yang digelar di Lapangan Desa Wanatirta Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Jawa Tengah 7102018. Live streaming 24 jam. Memanjangkan kain dan sifat sombong.

Bin Bantah Ada Larangan Berjenggot Dan Pakai Celana Cingkrang Serambi Indonesia

Ini Dampak Larangan Pakai Cadar Dan Celana Cingkrang Bagi Asn Inirumahpintar Com

Kontroversi Soal Larangan Berjenggot Dan Celana Cingkrang Namun Ini Faktanya Dari Bin Tribun Medan