Mengapa Celana Cingkrang Sunnah

Celana cingkrang berdasarkan informasi yang saya dapat merupakan bagian dari kebudayaan yang lekat kaitannya dengan Rasulullah Muhammad SAW. Badrul Tamam Alhamdulillah segala puji bagi Allah Subhanahu wa Taala.

Pin Di Poster Dakwah Amp

Dengan demikian memelihara jenggot memakai celana cingkrang dan memakai cadar tidak bisa dikategorikan sebagai identitas Islami.

Mengapa celana cingkrang sunnah. Menurut saya karena celana model seperti itu mengikuti sunah Rasulullah dalam berpakaian mengapa tidak disebut saja sebagai celana suro celana sunnah rosul sarannya. Perlu diketahui bahwasanya celana di atas mata kaki adalah sunnah dan ajaran Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Sebelum kita membahas sanggahan terhadap dua dalil ini perlu kita ketahui bahwasanya diantara sunnah-sunnah Nabi adalah adab berpakaian yang syari.

Ini lebih dikhususkan bagi anak laki laki sementara untuk wanita diberikan perintah untuk menutup seluruh bagian telapak kaki. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam keluarga dan para sahabatnya. Mereka peduli dengan urusan cadar jenggot dan celana cingkrang sekaligus sistem politik.

Kalau pakai celana cingkrang untuk menyombongkan diri ya sama aja balas Eko. Tujuan dari menghindari kontak dengan tanah adalah untuk menjaga kesucian celana dari kotoran yang mungkin ada di tanah kemudian menempel di celana. Adanya pakaian yang menutup semua badan yaitu gamis.

Dari uraian di atas yang bersumber dari hadits-hadits shahih dan pendapat ulama besar madzhab Syafii Imam al-Nawawi rahimahullah menunjukkan bahwa tidak memanjangkan kain baik sarung celana gamis dan lainnya di bawah mata kaki sering disebut dengan cingkrang adalah sunnah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam. Beragamnya pandangan dan penerimaan terhadap syariat cadar jenggot dan celana cingkrang mengindikasikan bahwa ajaran tersebut tidak alamiah. Celana Cingkrang Adalah Sunnah Mengapa Kyai NU Bukhori Maulana Mencelanya.

Karena panjang celana cingkrang berada diatas mata kaki walhasil kainnya tak pernah menyentuh tanah. Lantas benarkah bahwa celana cingkarang itu sunnah Nabi. Dia menyarankan agar Pemerintah menggunakan bahasa celana suro sunnah rosul untuk celana yang menggantung di atas mata kaki.

Menurut hemat penulis celana cingkrang ngatung bukan merupakan sunnah rasul. Mereka beranggapan bahwa memakai celana tersebut merupalan sunnah Nabi. Di indonesia ini pakaian cingkrang mayoritas di pakai oleh para kaum ikhwanul muslimin PKS faham salafi LDII Jamaah Tabligh jahula dst dan FPI.

Ikhwan Salafi yang menghukumi sunnah memakai celana cingkrang adalah dari hasil Qiyas analogi pada hadis larangan Isbal memanjangkan pakaian di bawah mata kaki maupun keumuman hadis larangan isbal pada pakaian. Bukan lagi celana cingkrang karena maknanya sangat jauh berbeda. Kenapa karena pada masa nabi tak ada celana cingkrang.

Belum ditemukan riwayat yang menyebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah memakai celana panjang apalagi celana cingkrang. Demokrasi dianggap sebagai sistem yang menduakan kedaulatan Tuhan karena itu syirik dan thâghât. Lalu jika penggunaan kata-kata tersebut keliru maka Hilmi pun mengusulkan agar menyebut istilah celana yang menggantung di atas mata kaki itu dengan kalimat celana Suro atau sunnah rosul sehingga tidak merusak pemaknaan dari kata sebenarnya.

Karenanya tak jarang orang-orang berbondong untuk mengenakannya dengan tujuan agar menjadi lebih dekat dengan kekasih Allah itu. Jika suatu ajarandoktrin tidak alamiah maka muncul pertanyaan apakah ajaran semacam itu bersumber dari ilahi divine origin. Jakarta CNN Indonesia — BIN baru saja membenarkan adanya larangan bagi pegawainya untuk menggunakan celana cingkrang.

Sebagai informasi yang sangat pentin untuk diketahui jika celana diatas mata kaki atau celana cingkrang merupakan sunnah dan ajaran yang diberikan Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Tapi orang yang menyombongkan dengan memanjangkan pakaiannya. Menteri Agama Singgung Celana Cingkrang oleh ASN Begini Nasihat MUI.

Ideologi ini menjelma dalam Al-Qaeda ISIS Jamaati Islam dan Taliban. Menurutnya memakai celana cingkrang untuk menyombongkan diri itu sama saja buruknya. Saya mengapresiasi hal itu.

Inilah sebab berikutnya mengapa Syiah Rafidhah sangat membenci Celana Cingkrang dan bahkan sering menghina serta mengolok-olok celana cingkrang karena disamping celana cingkrang itu perintah Rasulullah ia juga merupakan perintah Umar ibnu al-Khathab radhiallahuanhu sahabat terbaik dan mulia Rasulullah yang berhasil menaklukkan. Model celana ngatung ini biasanya potongannya di atas mata kaki. Namun penjelasan dari Eko tersebut tidak diterima oleh beberapa warganet.

Mereka membenarkan kekerasan atas nama jihad. Sebab tidak ditemukan dalil hadis bahwa Rasulullah pernah memakai celana apalagi penjelasan celana beliau di atas mata kaki. Rasulullah shallallahu alihi wa sallam telah memberi perhatian yang cukup besar tentang tata cara berpakaian karena penampakan luar menunjukan apa yang ada didalam hati manusia.

Hal ini juga berkaitan dengan hadits tentang larangan isbal yaitu memanjangkan kain dibawah mata kaki. Harus diakui celana cingkrang membuat gaya seseorang tetap terlihat rapi namun kasual dengan menggunakan perpaduan sepatu yang menarik. Hal ini dikhususkan bagi laki-laki sedangkan wanita diperintahkan untuk menutup telapak kakinya.

Setiap Muslim hendaknya mengikuti sunnah-sunnahnya agar mendapat kecintaan Allah Taala sebagaimana firman-Nya. Bahkan terhitung lemah dalilnya bagi yang mewajibkannya. Pertama karena dari segi dalil hal tersebut masih terjadi perdebatan ulama dari dulu sampai sekarang khilafiyah.

Oleh karena itu buat ikhwan Salafi-Wahabi dan semisalnya jangan lah bangga dengan celana cingkrang yang katanya nyunnah demi menghindari isbal.

Cingkrang Itu Sunnah Motivasi Bijak Kesombongan

Celana Cingkrang Jangan Jadikan Olok Olokan Sendai Ayat Instagram

Cingkrang Tidak Isbal Islam Kutipan Motivasi Motivasi