Rencana Larangan Celana Cingkrang Oleh Menteri Agama

Sebab kendati ada perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang hal itu Pasal 29 Undang-Undang Dasar 1945 mengharuskan pemerintah menjamin kemerdekaan warganya memeluk agama dan beribadah sesuai kepercayaannya ujarnya. Ditanya rencana pelarangan pemakaian cadar bagi ASN oleh Menteri Agama Tjahjo mengatakan setiap instansi memiliki aturan tersendiri demikian halnya Kementerian PAN-RB.

Polemik Larangan Cadar Celana Cingkrang Dpr Panggil Menteri Agama

Larangan kan enggak ada kewenangan Kementerian Agama.

Rencana larangan celana cingkrang oleh menteri agama. Lebih jauh Abbas menilai jika alasan keamanan yang digunakan menteri agama sehingga melarang cadar dan celana cingkrang dalih itu kurang tepat. JAKARTA – Menteri Agama Menag Fachrul Razi mempersoalkan penggunaan celana cingkrang bagi pegawai negeri sipil PNS. Tidak bisa serta merta diterapkan kata HM.

Sebelumnya Sekjen Majelis Ulama Indonesia Anwar Abbas menyarankan Kementerian Agama tak mengurusi persoalan pemakaian busana cadar atau celana cingkrang bagi aparatur negara. Menurut dia penggunaan celana cingkrang mejadi hal biasa Saya ke masjid juga pakai celana cingkrang. Dream – Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi mengatakan terdapat rencana pemberlakukan larangan penggunaan cadar dan celana cingkrang.

Kemudian masalah celana cingkrang itu tidak bisa dilarang dari aspek agama. Kemudian masalah celana cingkrang-cingkrang itu tidak dilarang dari aspek agama. Orang memakai celana cingkrang karena yakin bahwa Nabi tidak menyukai pakaian yang menutup mata kaki.

AKURATCO Wakil Menteri Agama Wamenag Zainut Tauhid Saadi mengatakan larangan penggunaan cadar dan celana cingkrang oleh Aparatur Sipil Negara ASN hanya berlaku di lingkungan Kementerian Agama Kemenag. Minggu 10 November 2019. Karena ini menyangkut agama dan bisa menimbulkan persepsi yang berbeda-beda hendaknya wacana seperti ini dikaji dulu.

Menteri agama hanya merekomendasi dari aspek agama. Wacana ini bertujuan untuk penegakan disiplin pegawai atau aparatur sipil negara ASN di lingkungan Kementerian Agama. Hal tersebut hanya sebatas untuk penertiban dan penegakan disiplin pegawai di lingkungan Kementerian Agama.

Akan tetapi di aturan instansi tercantum hal tersebut. Tetapi larangan tersebut hanya berlaku di internal Kementerian Agama. Maka melarang cadar dan celana cingkrang sama saja merusak toleransi agama dan melarang kebasan mengamalkan agama.

Sebelumnya Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan berencana melarang penggunaan niqab atau cadar untuk masuk ke instansi milik pemerintah. Dream – Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan tidak pernah melarang seseorang untuk menggunakan celana cingkrang. Fachrul mengaku hanya sebatas memberikan rekomendasi.

Menteri Agama Fachrul Razi berkukuh melarang pemakaian cadar dan celana cingkrang bagi Aparatur Sipil Negara ASN meski dihujani kritik oleh mayoritas anggota Komisi VIII DPR yang membidangi. Ada hadis yang membahas soal itu. Dia mengatakan wacana ini bertujuan untuk penegakan disiplin pegawai atau aparatur sipil negara ASN di lingkungan Kementerian Agama.

Sehingga tidak perlu ditanggapi secara emosional berlebihan dan penuh dengan kecurigaan. Tamrin Tomagola mengkritik wacana pelarangan celana cinkrang dan cadar di lingkungan Aparatur Sipil Negara ASN yang dilontarkan Menteri Agama. Menteri Agama Fachrul Razi enggan menanggapi mengenai isu pelarangan pegawainya mengenakan cadar dan celana cingkrang.

Yaitu penolakannya pada celana cingkrang dan cadarniqab bagi ASN. Sepatutnya seorang menteri agama memberikan contoh teladan dalam toleransi agama dan menghormati kebebasan menjalankan agama di antaranya dengan menghargai dan menghormati orang yang memakai cadar dan celana cingkrang. Mataram – Anggota Komisi VIII DPR HM Syamsul Lutfi mengatakan wacana dari Menteri Agama Menag Fachrul Razi terkait larangan penggunaan cadar dan celana cingkrang di kalangan Aparatur Sipil Negara ASN harus dikaji ulang.

Menurut Fachrul dirinya hanya menerangkan bahwa tidak ada ayat Alquran yang mewajibkan atau melarang pemakaian celana cingkrang. Kesepuluh kata dia menjaga toleransi beragama dan menjamin kebebasan agama merupakan tugas utama menteri agama. Hal itu ia katakan karena alasan keamanan pasca insiden penusukan mantan Menko Polhukam Wiranto pada Kamis 10 Oktober 2019 lalu di Pandeglang Banten.

Menteri agama cadar umatislam. TEMPOCO Jakarta – Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid mengatakan pelarangan penggunaan cadar dan celana cingkrang oleh Aparatur Sipil Negara ASN hanya berlaku di lingkungan Kementerian Agama. Ia mengakui penggunaan celana cingkrang tidak dilarang oleh agama tapi itu tidak sesuai dengan aturan berseragam di instansi pemerintah.

Fachrul mengatakan rencana itu masih dalam pengkajian. Yang memakai cadar meyakini bahwa muka adalah aurat. Hal tersebut hanya sebatas untuk penertiban dan penegakan disiplin pegawai di lingkungan Kementerian Agama.

Ia hanya menyebut bahwa penggunaan seragam Pegawai Negeri Sipil PNS telah. Namun ia tak merinci peraturan itu. Saya tidak berhak dong masa Menteri Agama mengeluarkan larangan.

Khusus celana cingkrang Fachrul mengungkapkan memang tidak dilarang agama. Pakai celana cingkrang biasa saja ujar Fachrul di ruang sidang Komisi VIII DPR Kamis 7 November 2019.

Soal Larangan Cadar Dan Celana Cingkrang Wamenag Itu Untuk Pns Kemenag

Rencana Laranf Pakai Celana Cingkrang Dan Cadar Anggota Dpr Benahi Dulu Internal Kementerian Agama Senator

Menteri Agama Bicara Soal Larangan Pns Pakai Celana Cingkrang Dan Cadar Bukan Ukuran Ketakwaan Tribun Kalteng