Wacana Cadar Dan Celana Cingkrang Tidak Diperbolehkan

Terlebih ini akan menimbulkan kontroversi. Sejumlah Aparatur Sipil Negara ASN di Aceh dan Banten mengatakan tidak setuju dengan wacana pelarangan celana cingkrang dan cadar di lingkungan kantor pemerintah seperti diusulkan Menteri Agama.

Kuasa Negara Dalam Cadar Dan Celana Cingkrang Pns

Wacana tersebut kali pertama dilontarkan Menteri Agama Menag Fachrul Razi.

Wacana cadar dan celana cingkrang tidak diperbolehkan. Banyak pula yang celananya di bawah mata kaki tidak berjenggot yang perempuan berjilbab tapi modelnya ketat ternyata malas datang di kantor. Maruf pun menekankan tidak ada. Wacana pelarangan penggunaan cadar dan celana cingkrang di instansi pemerintahan tengah ramai dibicarakan di tengah masyarakat.

Wacana ini bertujuan untuk penegakan disiplin pegawai atau aparatur sipil negara ASN di lingkungan Kementerian Agama. Wacana pelarangan cadar dan celana cingkrang bagi ASN di lingkungan instansi pemerintahan menuai polemik. Selain itu wacana ini ia lontarkan demi alasan keamanan merujuk masalah radikalisme.

Celana cingkrang dan cadar tidak diperbolehkan di kantor-kantor anggota tentara atau di tempat tertentu yang memang ada aturan cara berpakaian. Jakarta – Menteri Agama Menag Fachrul Razi dikritik gara-gara memunculkan wacana pelarangan cadar dan celana cingkrang. Celana cingkrang dan cadar tidak diperbolehkan jika dipakai di kantor-kantor anggota tentara atau di tempat tertentu yang memang ada aturan cara berpakaian.

Fachrul mengatakan pemakaian cadar merupakan kebudayaan orang Arab bukan Indonesia. Wacana mengenai larangan memakai cadar dan celana cingkrang dalam sebuah instansi negara dalam upaya deradikalisasi menurut penulis adalah suatu upaya yang secara definitif tidak dapat dibenarkan dan perlu untuk ditinjau ulang. Dia mengusulkan seharusnya Menteri Agama tidak melarang penggunaan cadar di instansi pemerintahan.

Kerja di kantor tidak selalu kaitannya dengan penampilan. Wamenag Zainut Tauhid Saadi meminta publik tidak menanggapi. Menteri mengkaji bagaimana kalau seandainya memakai cadar dan celana cingkrang ini dilarang dikaji kan jadi belum ada keputusannya kata Anwar di kantornya Jakarta Jumat 1112019.

Pertanyaan mendasar pelarangan pemakaian cadar dan celana cingkrang dengan alasan keamanan masih ambigu dan tidak memiliki korelasi yang konkret antara cadar dan celana cingkrang dengan situasi keamanan. Wakil Presiden Maruf Amin menyatakan wacana larangan cadar dan celana cingkrang tidak ada kaitannya dengan agama. Jumat 1 November 2019 1725 WIB Tweet.

Tirtoid – Menteri Agama Fachrul Razi menggulirkan ide kontroversial. Celana cingkrang dan cadar tidak diperbolehkan jika dipakai di kantor-kantor anggota tentara atau di tempat tertentu yang memang ada. Celana cingkrang dan cadar tidak diperbolehkan jika dipakai di kantor-kantor anggota tentara atau di tempat tertentu yang memang ada aturan cara berpakaian.

Pakar birokrasi dan kebijakan publik dari Universitas Gadjah Mada Wahyudi Kumorotomo mengingatkan perdebatan soal cadar dan celana cingkrang tidak produktif. Fachrul mengatakan pemakaian cadar merupakan kebudayaan orang Arab bukan Indonesia. Mataram – Anggota Komisi VIII DPR HM Syamsul Lutfi mengatakan wacana dari Menteri Agama Menag Fachrul Razi terkait larangan penggunaan cadar dan celana cingkrang di kalangan Aparatur Sipil Negara ASN harus dikaji ulang.

Hal itu berkaitan dengan disiplin dan aturan dalam berpakaian. Kendati masih dalam bentuk wacana dan masih dalam proses pengkajian ide kemenag tersebut menuai ragam reaksi dari bebagai kalangan. Tapi dari aturan pegawai bisa dilarang Ucap Fahrul di kantor Kementrian Koordinator pembagunan Manusia dan Kebudayaan jalan Medan Medeka Barat 31 Oktober 2019.

Rencana Menteri Agama Fachrul Razi untuk melarang penggunaan cadar dan celana cingkrang di instansi pemerintah memicu perdebatan. Selain itu wacana ini ia lontarkan demi alasan keamanan merujuk masalah radikalisme. Baginya celana tersebut tidak sesuai aturan berseragam di istitusi.

Masalah celana cingkrang itu tidak bisa dilarang dari aspek agama karena memang agama tidak melarang. Memang banyak yang bereaksi terhadap wacana pelarangan cadar dan celana cingkrang apalagi bagi ASN. Kamis 7 November 2019 1542 lihat foto.

Direktur Al Mentra Nusantara Karman BM mengatakan apa yang dilontarkan Menag sebenarnya tidak salah. Hal itu berkaitan dengan disiplin dan aturan dalam berpakaian. Kontroversi Wacana Pelarangan Penggunaan Cadar di Instansi Pemerintah.

Tidak bisa serta merta diterapkan kata HM. Wakil Presiden Maruf Amin tidak melarang penggunaan celana cingkrang dan cadar. Karena ini menyangkut agama dan bisa menimbulkan persepsi yang berbeda-beda hendaknya wacana seperti ini dikaji dulu.

Wakil Presiden Maruf Amin tidak melarang penggunaan celana cingkrang dan cadar. Begitu dilantik oleh Presiden kata Wahyudi setiap menteri telah diberi pesan mengenai agenda prioritas nasional.

Kebijakan Aturan Cadar Dan Celana Cingkrang Jadi Kontroversi Menag Saya Tak Melarang

Menag Akui Sengaja Lempar Isu Cadar Celana Cingkrang Ini Alasannya

Dw Mengulas Kontroversi Wacana Pelarangan Penggunaan Cadar Republika Online